Masjid Abdurrahman Isma'il,
Komplek Kampus IAIN Antasari,
Jl. A. Yani KM. 4,5 Banjarmasin, Kalsel
Phone: +6289691780577 (Ikhwan) /
+6285651xxxxxx (Akhwat)
E-Mail: ldk_amal@yahoo.co.id

Masukan Email Anda untuk Berlanggan

Minggu, 05 Oktober 2008

Tetap Bugar Seusai Lebaran


Jangan sampai setelah puas melepas rindu dengan sanak saudara di Hari Raya, berbagai penyakit justru datang mengganggu. Ada baiknya Anda ketahui sejumlah kiat agar Lebaran jadi happy ending.

Pasalnya, rawan terjadi gangguan kesehatan karena pola makan yang salah seusai Lebaran. Dan sebetulnya bukan dikarenakan pola makan saja. Perjalanan mudik yang memakan waktu lama dan tak nyaman, apalagi tanpa perencanaan matang, juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan pasca berlebaran, lho!


Untuk mengantisipasinya, dr. Lany Dewi W. MS SpGK, spesialis gizi klinik dari rumah sakit Mitra Kemayoran Jakarta memberikan sejumlah kiat yang bisa diterapkan sebelum dan saat berLebaran di kampung halaman agar tubuh tetap bugar dan sehat.

Waspadai Perjalanan
Saat yang paling penting diperhatikan sebelum berlebaran adalah merencanakan perjalanan yang aman dan nyaman. Sehingga, gangguan kesehatan yang mungkin dipicu akibat perjalanan jarak jauh ini bisa diminimalisasi.

Sudah menjadi kebiasaan para pemudik memiliki jarak tempuh sangat panjang lalu mengandalkan stimulan agar bisa mencapai tujuan mudik secepatnya. Misalnya, mengonsumsi minuman berenergi hingga kopi kental.

Menurut Lany, kebiasaan ini sebetulnya tidak sehat bagi pemudik. Selain bisa menyebabkan jantung berdebar dan beser (sering kencing), intoleransi terhadap kopi juga bisa membuat diare.

Apalagi bila tubuh dipaksa bugar untuk mencapai tempat tujuan secepatnya tanpa istirahat. Yang terjadi tubuh justru jadi kelelahan. Dan hal ini bisa memicu terjadinya hipertensi. Lany melanjutkan, hal seperti ini sering kali diabaikan para pemudik. Sehingga, bukannya berlebaran dengan nyaman, justru membuat kesehatan terganggu.

"Bila memang dirasa lelah di perjalanan, sebaiknya berhenti dan istirahat sejenak. Dengan memulihkan kondisi di perjalanan, selain membuat perjalanan lebih aman, faktor kesehatan pun tak akan terganggu akibat kelelahan," saran Lany.

Selain masalah kelelahan, Lany juga mengingatkan masalah travelers diarrhea. Konon, diare juga sering menjangkiti para pemudik. Diare yang dialami para pemudik ini
biasanya disebabkan oleh faktor terjadinya perpindahan seseorang ke tempat lain.

"Kalaupun kita sudah tahan dengan kuman-kuman yang ada di daerah awal kita, begitu berpindah karena perjalanan atau mudik, kita belum terkondisi dengan kuman baru di daerah lain," jelas Lany.

Pada umumnya travelers diarrhea dipicu pula oleh konsumsi makanan. Lany menyarankan agar para pemudik membawa sendiri bekal makanan selama di perjalanan. Atau, bila harus makan di perjalanan, pilihlah jenis makanan yang dihidangkan dalam kondisi hangat atau baru dimasak. Bila sebelumnya sudah pernah terkena travelers diarrhea, lanjut Lany, sebaiknya lebih waspada karena kemungkinan akan terulang juga lebih besar.

Sesuaikan Pola Makan
Agar situasi Lebaran tak sampai memicu berbagai penyakit di kemudian hari, Lany mengingatkan, berhati-hatilah dalam urusan makan. Intinya, jangan asal makan hanya karena sudah dijamu makanan enak. Tetapi, tetaplah ikuti pola makan biasanya. Bila perlu, sesuaikan acara makan-makan lezat ini dengan pola diet Anda.

"Susun dan atur rencana, akan ke mana saja selama Lebaran ini. Bila sudah waktunya makan siang biasanya satu keluarga akan berkumpul di suatu tempat. Nah, hal ini harus direncanakan dulu agar tak asal makan," saran Lany.

Misalnya, Anda harus berkunjung ke beberapa kerabat dan masing-masing ingin menjamu semaksimal mungkin. Tuntu Anda akan disuguhi beragam makanan dan minuman yang enak dan lezat. Bila sudah begini, ingat-ingat lagi jadwal makan Anda sehari-hari. Bila belum waktunya makan siang atau malam, sebaiknya tak usah makan besar. Cukup ambil beberapa kue kering.

Soal membatasi jumlah makanan, imbuh Lany, sebetulnya Anda sendiri yang akan tahu ukurannya. Setiap orang pasti memiliki ukran makannya sendiri atau sangat variatif. Intinya, Anda sendirilah yang tahu kapan sudah makan atau minum secara berlebihan dan kapan sudah merasa cukup.

Riwayat Penyakit
Bila sudah mengetahui riwayat penyakit yang berhubungan dengan pola makan, Anda pasti akan tahu pantangan serta takaran konsumsi makan. Oleh karena sudah memiliki riwayat penyakit tertentu, Anda tentu harus benar-benar disiplin pada diri sendiri.

Di samping tetap meneruskan terapi pengobatan yang mungkin masih dilakukan, sejumlah makanan tertentu yang harus dihindari tetap perlu dipatuhi. Misalnya, bagi penderita hipertensi sebaiknya menghindari makanan yang mengandung garam.

Garam akan membuat tubuh mengalami retensi atau menahan air. Akibatnya, tubuh akan mengalami peningkatan tekanan darah. Bila tetap ingin mengonsumsi makanan yang asin, saran Lany, sebaiknya pilih yang menggunakan garam rendah natrium.

Sedangkan bagi pemilik riwayat penyakit diabetes, hindari saja semua makanan yang manis-manis, atau yang mengandung karbohidrat tinggi. Sebisa mungkin, usahakan mengonsumsi makanan yang tak mengandung gula. Bila ingin minuman yang manis, sebaiknya gunakan gula diet. Atau, bila ingin menghormati pemilik rumah, pilih buah segar saja, tetapi hindari jenis buah yang terlalu manis seperti pisang, mangga, dan durian.

Dan bagi mereka yang memiliki riwayat kolesterol tinggi, hindari makanan yang terlalu gurih, berlemak, goreng-gorengan, produk susu, jerohan, seafood (selain ikan), dan makanan sumber lemak hewani lainnya.

Bila tetap ingin makan gorengan, sebaiknya ditiris dulu dengan tisu dan batasi cukup satu saja dalam sehari. Atau, bila ingin makanan bersantan seperti opor atau gulai, ambil saja dagingnya tanpa kuah. "Untuk urusan makan, memang tak ada parameter yang pasti. Tetapi kita sendiri yang tahu, kapan sudah makan teralu berlebihan," pungkas Lany.

Laili Damayanti
Banjarmasin Post Online

ads

Ditulis Oleh : LDK AMAL Hari: 02.58 Kategori:

2 komentar:

  1. Artikel anda:

    http://kesehatan.infogue.com/
    http://kesehatan.infogue.com/tetap_bugar_seusai_lebaran

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema untuk para netter Indonesia. Salam!

    BalasHapus

 

Bagaimana tampilan Web kami menurut Anda?